Wednesday, March 6, 2013

BAHAYA NARKOBA BAGI MANUSIA

Narkoba adalah adalah bahan atau zat yang dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang, serta dapat ketergantungan fisik dan psikologi. Karena narkoba bisa membuat pemakainya ketagihan untuk mengkonsumsinya lagi. Saat ini orang yang mengkonsumsi narkoba tidak hanya orang orang dewasa saja banyak anak anak skolah yang masih dibawah umur mengkonsumsi narkoba karena kurangnya pengawasan dari pihak sekolah dan orang tua.

Ciri ciri orang yang sudah mengkonsumsi narkoba bisa dilihat dari 2 faktor yaitu faktor individual dan lingkungan. Faktor individual contohnya kurang percaya diri, mudah kecewa, agresif, murung, pendiam, pemalu, dll. Faktor lingkungan contohnya komunikasi orang tua dan anak kurang baik, orang tua yang bercerai, nikah lagi, orang tua terlampau sibuk, acuh terhadap anaknya, dll.
Gejala gejala penyalahgunaan narkoba ada 2 macam yaitu perubahan fisik dan sikap. Gejala perubahan fisik contohnya bila terjadi kelebihan dosis (Overdosis) : nafas sesak, denyut jantung dan nadi lambat, kulit teraba dingin, bahkan meninggal. Saat sedang ketagihan (Sakau) : mata merah, hidung berair, menguap terus, diare, rasa sakit seluruh tubuh, malas mandi, kejang, kesadaran menurun. Pengaruh jangka panjang : penampilan tidak sehat, tidak perduli terhadap kesehatan dan kebersihan, gigi keropos, bekas suntikan pada lengan. Gejala perubahan sikap contohnya sering berbohong, minta banyak uang dengan berbagai alasan, tapi tidak jelas penggunaannya, mengambil dan menjual barang berharga milik sendiri atau keluarga, mencuri, terlibat kekerasan dan sering berurusan dengan polisi. Sering bersikap emosional, mudah tersinggung, pemarah, kasar, bermusuhan, pencurigaan, tertutup dan penuh rahasia.

1 comment:

  1. LuckyClub Casino Site Review, Bonuses & Signup Offers
    LuckyClub is a leading gambling site with luckyclub a massive community of gamers. It has over 250 000 members in the industry, providing an innovative,  Rating: 8/10 · ‎Review by LuckyClub.live

    ReplyDelete